Bagian Tes Pra-Musim 2021 di Sirkuit Sepang Masih Diragukan

JAKARTA, KOMPAS. com – Sejauh ini, Dorna Sports masih bertahan di dalam jadwal sesi tes musim sejuk pertama sebelum musim 2021. Sirkuit Sepang, Malaysia, dimasukkan ke di kalender sebagai tuan rumah.

Sesi tes di sirkuit ini rencananya akan digelar pada 19-21 Februari 2021. Tetapi, kasus positif Covid-19 masih langsung meningkat di Asia, termasuk Malaysia.

Baca serupa: Andrea Dovizioso Menolak Menggantikan Marquez di MotoGP 2021

Dikutip dari Speedweek. com, pihak Gelanggang Sepang sudah diberi batas masa hingga awal Desember. Kementerian Kesehatan di Malaysia harus mengizinkan para tim MotoGP untuk memasuki negaranya tanpa karantina.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menjajal Sirkuit Sepang dengan motor M1 spek 2020 pada hari kedua sesi tes pramusim, 8 Februari 2020. AFP/MOHD RASFAN Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menjajal Sirkuit Sepang secara motor M1 spek 2020 di hari kedua sesi tes pramusim, 8 Februari 2020.

Namun, kesepakatan tersebut tak bisa dicapai. Jadi, keputusan akan diambil pada pertengahan Januari 2021. Jadi cadangan, sesi tes akan digelar di Sirkuit Jerez atau Gelanggang Portimao.

Dengan adanya mutasi lantaran virus corona, yang disebut-sebut semakin menginfeksi dan berbahaya, sudah menjalar di Britania Raya, maka banyak negara dan penerbangan yang memurukkan kedatangan dari Inggris.

Baca juga: Valentino Rossi Disebut Akan Berjaya di MotoGP 2021

Keadaan ini tentu akan mendatangkan masalah bagi para anggota tim yang datang dari Inggris karena adanya pembatasan bepergian tersebut.

Selain itu, Jepang juga disebutkan medium menghadapi gelombang ketiga dari pandemi. Jika anggota tim dari Honda, Yamaha, dan Suzuki, tidak mampu melakukan perjalanan, maka akan menyusahkan banyak tim untuk melakukan sesi tes.