Bahas Bus Custom Milik PO RedWhite Star Primajasa

JAKARTA, KOMPAS. com – Belum lama ini, PO RedWhite Star Primajasa bagian pariwisata menambah kendaraan   anyar dari karoseri Tentrem. Namun ada satu hal yang unik lantaran armada terbaru PO berkelir putih dan grafis merah ini.

Keunikannya ada pada pola bodi yang digunakan. Secara tampilan depan, bus baru ini memakai muka dari Avante HDD yang lama. Sedangkan bagian belakangnya memakai model Avante H7 yang terbaru.

Bodi Avante HDD sendiri sebenarnya sudah tidak dilanjutkan lagi produksinya, digantikan dengan Avante H series. Lalu mengapa PO Primajasa masih bisa memiliki bentuk bus yang unik ini?

Baca juga: [VIDEO] Hyundai Palisade Resmi Ditawarkan di Indonesia

 

Sales Staf karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, mewujudkan bodi custom ini bisa dilakukan jika kostumer memesan bus dalam jumlah yang penuh.

“PO Primajasa bisa request bentuk bodi karena memesan ratusan bus di karoseri Tentrem. Untuk sasisnya sendiri semuanya menggunakan merek Hino, ” ucap Dimas kepada Kompas. com , Minggu (20/12/2020).

Memesan bentuk custom ini sebenarnya sesuai dengan kata sepakat antara kostumer dengan karoseri. Kalau memesan dalam jumlah banyak, bodi bisa dibuat sesuai dengan keinginan pemesan bodi bus.

Baca juga: Cetar, Ini Warna Baru Yamaha R25 Ideal 2021

Bus Pariwisata PO RedWhite Star Primajasa Rully Novianto Bus Pariwisata PO RedWhite Star Primajasa

“Jadi membuat moulding atau cetakan biar enggak sia-sia. Karena membuat cetakan tersebut terang ada biayanya, ” kata Dimas.

Karena saat mendirikan bodi bus yang berbeda, harus membuat cetakan interior, lalu rencana dan suku cadang yang bertentangan. Oleh karena itu, jika memesan unitnya sedikit, hanya mengikuti ragam yang sudah disediakan karoseri.

PO Primajasa sendiri cakap Dimas bisa dikatakan pelanggan taat karoseri Tentrem. Sebelum Avante series, PO Primajasa sudah memakai bodi buatan karoseri Tentrem dari contoh Galaxy dan Scorpion X.