Kaleidoskop, Motor Listrik yang Meluncur Sepanjang 2020

JAKARTA, KOMPAS. com – Meski belum bisa dikatakan masif, geliat motor listrik semakin berkembang. Sepanjang 2020 motor elektrik mulai membanjiri pasar di Nusantara.

Pemain di bagian ini cukup beragam, mulai daripada merek asli Indonesia, kemudian tanda impor, sampai produsen sepeda kayuh lokal yang beralih mencoba bisnis baru ini.

Baca juga: Selisik Fitur Mengakui Yamaha Gear 125

Elvindo Rama KOMPAS. com/Gilang Elvindo Rama

Geliat ini mulai  terasa sejak Presiden Jokowi meneken regulasi Perpres No 55 Tahun 2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Merek pertama yang menangkap momentum tersebut ialah Elvindo singkatan dari Electric Vehicle Indonesia, dengan menelurkan Elvindo Rama di awal Januari 2020.

Sayang kemudian pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Nusantara. Praktis setelah itu yakni Maret hingga September, tren motor listrik yang mulai positif kembali tertindas keadaan.

Menangkap juga: Cuci Motor Listrik, Tetap Perhatikan Bagian Ini

Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB) KOMPAS. COM/STANLY RAVEL Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)

Pada September 2020, merek lokal, PT Mobil Anak Bangsa ( MAB) mulai memasarkan motor listrik Electro. Motor disebut sudah lucut uji tipe dari Kementerian Pertalian.

Memasuki akhir tarikh, motor listrik kembali menguat pada tengah pandemi Covid-19. Beberapa tanda yang awalnya ingin meluncurkan mesin baru di awal tahun oleh sebab itu pindah ke akhir tahun.

Salah satunya Volta, merek motor listrik asal Semarang yang hadir menghentak di akhir tahun. Tepatnya di IIMS Motobike Hybrid Show yang digelar mulai 4-13 Desember 2020.

Volta 401 KOMPAS. com/Gilang Volta 401

Buat menggebrak pasar, Volta meluncurkan mesin listrik Volta 401. Selain itu juga memperkenalkan motor roda 3 niaga listrik Volta 501 yang akan hadir tahun depan.

Baca juga: Soal Skema Swap Baterai, United Nanti Pemerintah

Setelah itu ada United. Tanda yang lebih terkenal sebagai produsen sepeda kayuh itu melebarkan usaha dengan terjun ke segmen motor listrik dengan meluncurkan United T1800.