Kenapa Mobil Sedan Jarang Pakai Wiper Belakang?

JAKARTA, KOMPAS. com – Wiper belakang adalah salah satu komponen keselamatan yang ada di mobil. Fungsinya yaitu untuk membersihkan kaca belakang saat hujan maupun kotor, sehingga tidak mengganggu pandangan.

Saat terkait, beberapa mobil juga menyertakan wiper belakang sebagai fitur standar. Bahkan mobil sekelas LCGC pun memilikinya. Namun jika diperhatikan, hanya sedikit mobil sedan yang memakai wiper belakang, mengapa begitu?

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, wiper belakang memang biasanya terpasang di mobil compact, SUV, maupun MPV. Hal ini dikarenakan bentuk bodi bagian belakangnya.

Baca juga: Lakukan Tips Ini supaya Aki Mobil Lebih Awet

All New Toyota Camry Hybrid All New Toyota Camry Cross

“Hal ini dikarenakan turbulensi kotoran dari prohibit bisa mengotori kaca, oleh karena itu, perlu ditambah wiper belakang, ” ucap Didi kepada Kompas. com, Jumat (15/1/2021).

Berbeda ceritanya kalau di mobil sedan. Didi mengatakan, bagian belakang mobil sedan ada bagasinya. Jadi kaca belakang posisinya jauh dari bagasi, kotoran dari turbulensi maupun cipratan ban tidak akan sampai ke kaca.

Baca juga: Kecelakaan di Tol Satu Keluarga Tewas, Ingat Bahaya Mengemudi dalam Kondisi Mengantuk

Oleh karena itu, sering terlihat juga kalau mobil oleh bagian belakang yang rata, setelah menempuh perjalanan yang jauh, bagian belakangnya akan tertutupi debu. Sedangkan mobil sedan, kaca belakangnya tetap bersih.