Presensi 17 Tahun Xenia dan Petunjuk yang Mulai Meredup

JAKARTA, KOMPAS. com – Meluncur perdana di 2004, usia Daihatsu Xenia kini sudah 17 tahun. Di dalam masa dewasanya, Xenia masih menjadi salah satu pilihan low multi purpose vehicle ( LMPV) masyarakat Indonesia.

Tak heran, pada tengah banyaknya kompetisi MPV murah tujuh penumpang, Xenia masih mampu eksis meskipun harus diakui bila prestasinya sudah mulai redup.

Berdasarkan data penjualan Daihatsu 2020, Xenia menempati urutan keenam. Pamor MPV murah tersebut kecundang telak dibandingkan saudara mudanya, yaitu Sigra.

Tak hanya itu, Xenia juga harus tersisih dengan pola lainnya, seperti Gran Max, Terios, dan Ayla. Alhasil, sepanjang 2020 Xenia hanya mengantongi penjualan 9. 231 unit, atau berkontribusi 9, 2 persen.

Baca juga: Kabar Baru Soal Daihatsu Rocky di Indonesia, Tarikh Ini Lahir?

Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1. 5L dalam Sibolga, Sumatera Utara

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International kepala Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, penjualan Xenia benar turun dikarenakan banyak faktor, salah satunya akibat daya beli asosiasi yang juga menurun.

“Memang terlihat dari permintaan di cabang-cabang saya, permintaan terhadap Sigra dan Ayla lebih bagus daripada Xenia, bahan hidupnya seperti itu, ” perkataan Hendrayadi, dalam konferensi virtual, Sabtu (16/1/2021).

Namun serupa itu, di segmen MPV murah yang mana kondisi tahun lalu sungguh mengalami penurunan drastis akibat pandemi Covid-19, adik dari Avanza tersebut masih menempati posisi keempat pada daftar tujuh MPV murah terlaris berdasarkan wholesales Gaikido.

Kehadiran Xenia dianggap mampu memikat rekan otomotif dengan ragam keunggulan. Mobil garapan Astra Daihatsu Motor (ADM) tersebut dirancang menyesuaikan karakteristik keinginan keluarga Indonesia, dari tampilan, sifat, sampai purna jual.

Daihatsu Xenia Sport di GIIAS 2019 Ruly Kurniawan/Kompas. com Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Dari segi tampilan, Daihatsu mengklaim Xenia dirancang dengan tiga konsep utama, yakni modern, tough, dan sporty . Kesan sporty bisa dilihat dari kemasan bumper depan yang LED headlamp yang mengaopsi double layer ala MPV menengah.

Baca juga: Daftar MPV Murah Terlaris 2020, Livina Ungguli Xenia dan Ertiga

Sektor samping dihadirkan secara pelek yang lebih stylish dan mempunyai paduan dua warna untuk tipe 1. 5L, sementara spion juga sudah retractable . Kesan modern bagian belakang ditonjolkan dari lampu double layer, spoiler, high mount stop lamp , dan shark fin antena.