Simak Rekayasa Lalu Lintas dan Penyekatan Parkir di Rest Area Tiang Tol

JAKATA, KOMPAS. com – Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Divisin, akan melakukan ancang-ancang layanan operasional menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Langkah persiapan dimulai dari 23 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021, yang meliputi optimasliasai dunia layanan operasional jalan tol secara mengedepankan protokol pencegahan Covid-19.

Untuk layanan transaksi, JMT akan melakukan pengoperasian 116 gerbang tol secara optimal. Selain tersebut, penyiagaan personil membantu tapping dan mengoperasikan mobile reader jika terjadi antrean mengikuti memastikan seluruh peralatan tol berlaku baik selama 24 jam.

Di dalam bidang layanan lalu lintas, Irra Susiyanti Marketing and Communication Department Head JMT mengatakan, telah menyiapkan 39 unit kendaraan mobile customer service , meyiagakan 14 unit ambulans, dan 11 unit kendaraan rescue di seluruh buku JMT.

Mengaji juga: Mau Liburan, Kenali Kaidah Risiko Paparan Covid-19 Saat Bermobilitas

Tol Cipularang Jasa Marga Tol Cipularang

“Untuk pemantauan kondisi lalu lintas, JMT menyiapkan 511 unit CCTV dan 145 unit Variable Message Sign (VMS), delapan unit VMS Mobile, dan 12 unit Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) guna mempercepat penyampaian informasi, ” kata Irra dalam keterangan resminya, Sabtu (19/12/2020).

Tak hanya itu, upaya melakukan percepatan penanganan gangguan di lajur juda telah dikoordinasikan dengan kepolisian buat menyiapkan langkah antisipatif terhadap kepadatan lalu lintas yang terjadi.

Beberapa rekayasa lalu lintas secara situasional pada beberapa bercak lokasi rawan kepadatan sudah disiapkan, antara lain;

satu. Ruas Jagorawi: dilakukan rekayasa cerai-berai lintas sebagai antisipasi penutupan carik puncak atas diskresi Kepolisian tiba 31 Desember 2020 pukul 18. 00 WIB sampai dengan satu Januari 2021 pukul 06. 00 WIB, dengan menerapkan contraflow sejak pk 06. 00 WIB pada KM 44+600 sampai KM 46+400 sehingga lajur utama arah Ciawi dan Sukabumi diharapkan tidak terhambat.

Ilustrasi: Jalan tol ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj. Ilustrasi: Jalan tol

Baca serupa: Selama Liburan, Random Rapid Test Antigen Bergulir di 70 Rest Area

2. Ruas Dalam Kota: Jika berlaku kepadatan lalu lintas dari arah Dalam Kota (Cawang) menuju Ruas Tol Jakarta- Cikampek dengan suasana antrian telah mencapai Simpang Lapis Cawang, maka pengguna jalan hendak diarahkan untuk mengambil jalur pilihan menuju arah Ruas Tol JORR atau menggunakan arteri.

3. Ruas Purbaleunyi: Jika berlaku kepadatan kendaraan pada Gerbang Pungutan (GT) Pasteur arah Bandung (Padaleunyi), maka lalu lintas akan dialihkan melalui GT Baros atau GT Pasirkoja.

Setelah tersebut, pada bidang Konstruksi, JMT pula akan menghentikan pekerjaan seluruh perkerjaan di ruas jalan tol daripada 23 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.

Selain itu, juga telah disiapkan delapan tim yang bersiaga 24 tanda, 83 unit pompa air tetap, limat unit pompa air mobile, serta 16 unit pompa alcon untuk mengantisipasi potensi genangan akibat curah hujan yang cukup tinggi.

Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest area Jasa Patokan Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest tempat

JMT juga tentu menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal antara lain memastikan kebersihan rumija, kondisi perkerasan jalan, saluran drainase, dan struktur bangunan jalan tol berfungsi dengan baik.

Baca juga: Liburan, Mobil Pribadi Jadi Sasaran Rapid Test Antigen

“Untuk rest area , JMT memastikan layanan telah memenuhi protokol penanganan Covid-19, selain itu ada peningkatan pembersihan dengan penyemprotan disinfektan, pembatasan parkir dengan kapasitas 50 persen dari jumlah lahan, dan menyiapkan ruang istimewa isolasi, ” ucap Irra.