Tim Balap Ini Bikin Prototipe Motor Moto3 dari Basis MX King

KUALA LUMPUR, KOMPAS. com – Tim balap asal Malaysia, TKKR Racing punya proyek ambisius. Tim membuat prototipe motor balap Moto3 dari basis Yamaha Y15ZR alias MX King.

Prototipe MX King itu dibangun menyerupai motor balap Moto3. Motornya dirancang di fasilitas TKKR Racing Team di Seremban, Jati Sembilan, Malaysia.

Sasis asli MX King yang dipertahankan tinggal headstock dan rangka depan. Namun yang lainnya merupakan rancangan sendiri. Sasisnya memakai aluminium yang lazim dipakai di pesawat.

Prototipe motor balap Moto3 dari basis Yamaha Y15ZR alias MX King Foto: Paultan. org Prototipe motor balap Moto3 lantaran basis Yamaha Y15ZR alias MX King

Baca juga: Vespa 946 Louis Vuitton Hanya Ada Satu di Dunia

Saat tersebut motor sudah memakai bodi biar masih kasar. Kepala tim TKKR Racing Bobie Farid Shamsudin, mengutarakan, motor tinggal melakukan finishing sebelum menyelundup tahap tes.

Tetap saja mesinnya tidak standar. Daya dapur pacu bebek tersebut telah membengkak jadi 200 cc. Tapi rincian apa saja dengan diubah tidak diceritakan.

“Kami telah bore up instrumen hingga 200 cc, dan serupa berencana untuk melakukan hal yang serupa pada Honda RS150R, ” katanya mengutip Paultan. org , Senin (11/1/2021).

Prototipe motor balap Moto3 dari basis Yamaha Y15ZR alias MX King Foto: Paultan. org Prototipe motor balap Moto3 dari basis Yamaha Y15ZR alias MX King

Bobie mengatakan tim masih mengembangkan beberapa arah agar sesuai keinginan. Adapun shakedown ulangan rencananya akan dilakukan akhir Januari 2021 di Sirkuit Sepang.

“Rencananya adalah menyiapkan segenap untuk pengujian dan kami akan melihat apa yang harus diperbaiki atau dimodifikasi, ” katanya.

Baca juga: Trik Dongkrak Tenaga Yamaha Nmax Minus Bore Up

“Secara dimensi, prototipe ini sebangun dengan motor Moto3, dalam kejadian jarak sumbu roda dan ana telah menghilangkan banyak kelebihan berat, ” kata Bobie.

Prototipe motor balap Moto3 dari basis Yamaha Y15ZR alias MX King. Foto: Paultan. org Prototipe motor balap Moto3 dari basis Yamaha Y15ZR alias MX King.

Buat yang asing TKRR Racing merupakan mitra SAG Team, pra SAG Team berduet dengan Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) serta melahirkan Pertamina Mandalika SAG Racing Team.

TKKR Racing dibangun oleh Bobie pada 2016, dan masuk ke kancah balap Malaysia pada 2017. Sejak itu tim rajin ikut balap di Petronas Cub Prix dan Asian Road Racing Championship.