Tips Aman Ketika Bertemu dengan Bus Ugal-ugalan di Jalan

JAKARTA, KOMPAS. com – Belum lama ini tersedia video yang memperlihatkan aksi bus gagal menyalip kendaraan. Karena tercampak setir ke kiri, bus itu jadi menyenggol kendaraan yang ada di depannya.

Tahu kejadian ini, pengguna jalan lain malah dirugikan karena manuver pilot bus yang berbahaya. Lalu dengan jalan apa jika sedang mengemudi dan bertemu bus ugal-ugalan, apa yang kudu dilakukan?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, jika bertemu dengan bus yang ugal-ugalan, lebih tertib mengalah untuk selamat.

Mengucapkan juga: Mobil Bekas Rp 60 Jutaan di Balai Lelang, Tersedia Avanza, Innova hingga BMW

 

“Di ulama raya kadang kita mengedepankan saya, cari siapa yang lebih betul. Tapi kalau kebenaran tersebut harus dibayar dengan kecelakaan yang menyebabkan cedera, lebih baik mengalah, ” ucap Sony kepada Kompas. com , Sabtu (19/12/2020).

Sony mengatakan, jika memaksa tak mengalah dengan kendaraan besar, tidak ada untungnya. Biarkan petugas yang berwenang yang menindak. Kalau tersedia kamera, boleh direkam sebagai tanda untuk dilaporkan.

Saat bertemu bus yang ugal-ugalan, tersedia empat hal yang harus dipahami pengemudi. Pertama pengemudinya kejar premi dan bahkan bisa jadi invalid istirahat. Lalu kondisi kendaraannya belum tentu terawat.

Baca juga: Selama Liburan, Random Rapid Test Antigen Bergulir dalam 70 Rest Area

“Kendaraan yang tidak terawat tadi bisa saja kondisi rem dan jarak berhenti saat mengerem panjang, sehingga potensi gagal rem besar, ” kata Sony.

Ketiga, bus yang kebut-kebutan dan selap-selip itu punya body roll dan oversteer yang besar, sehingga sering menyenggol kendaraan yang ada di dekatnya. Oleh karena itu, lebih baik mengalah dan menjaga jarak aman.

Terakhir, fatalitas saat terlibat kecelakaan dengan bus itu tinggi. Menetapi beban bus yang sangat berat, momentum jika tertabrak bus tetap saja besar, kendaraan bisa ringsek.