Toyota Siapkan Piranti Lunak Mobil Otonom Terbaru

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Motor Corp meluncurkan Woven Planet Research Group yang bertujuan untuk memberikan mobilitas paling aman di dunia.

Seperti diketahui, kompetisi antar pabrikan dalam mengembangkan mobil yang dapat berkendara sendiri dan terhubung atau otonom semakin memanas.

Dilansir dari Reuters, para eksekutif Woven Planet memberikan beberapa petunjuk tentang fitur-fitur spesifik yang sedang disiapkan.

Baca juga: Trayek Bus AKAP yang Dipenuhi Bus Mewah, Medan – Aceh

Mobil otonomos sudah akrab dengan warga AS.Carscoops Mobil otonomos sudah akrab dengan warga AS.

Kabarnya, sistem penggerak bantuan baru akan dipasang pada mobil penumpang perusahaan pada akhir tahun ini.

Toyota juga mengatakan siap untuk mengungkap prototipe mobil otonom dalam waktu dekat tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Saat pembuat mobil tradisional menghadapi persaingan dari perusahaan seperti Apple, Amazon, dan Sony, Toyota ingin mengawinkan pendekatan Silicon Valley dari Woven Planet.

Baca juga: Innova dan Xpander Bisa Ekspor ke Australia, tetapi Harus Euro4

Ilustrasi mobil self-driving ToyotaTEKDEEPS.com Ilustrasi mobil self-driving Toyota

Cara modern ini akan mengambil bagian dari proses manufaktur Toyota Production System yang bertingkat untuk mengembangkan mobil generasi berikutnya.

Dipimpin oleh mantan ahli robotik Google James Kuffner, Woven Planet juga mengatakan bahwa pihaknya memiliki keunggulan dalam mengumpulkan data.

Data ini menjadi kunci untuk mengembangkan perangkat lunak yang dibantu kecerdasan buatan, dari puluhan juta mobil Toyota yang beredar di seluruh dunia.

Baca juga: Honda PCX 160 Sudah Bisa Dipesan, Berminat Siapkan Rp 500.000

The CEO of Woven Planet Holdings is James Kuffner, director of digital transformation of Toyota Motor, member of the Toyota boardTEKDEEPS.com The CEO of Woven Planet Holdings is James Kuffner, director of digital transformation of Toyota Motor, member of the Toyota board

“Ini benar-benar baru permulaan, kami baru saja memulai dengan teknologi dan inovasi kami untuk mengubah dunia,” kata Kuffner dalam presentasinya.

Untuk diketahui, selain Kuffner, eksekutif kunci dari Woven Planet Group juga termasuk Daisuke Toyoda, putra CEO Toyota Akio Toyoda.

Hadirnya teknologi mengemudi otonom merupakan realisasi dari ide Toyota, di mana pada tahun lalu perusahaan mengumumkan rencana untuk membangun prototipe “kota masa depan” yang disebut Woven City di kaki Gunung Fuji, Jepang.